Pages

New Media

Pendahuluan
Pada zaman yang semakin canggih ini tak dapat dipungkiri lagi bahwa tekhnologi semakin maju. Banyak sekali media-media yang saat ini merupakan pembaharuan (New Media) dari media-media sebelumnya (Tradisional Media). New Media saat ini hampir atau malah mencakup keseluruhan dari media yang telah diperbaharui.
Media yang telah diperbaharui tersebut memang memiliki fungsi meringankan beban-beban manusia dalam melaksanakan pekerjaannya. Sebagian besar teknologi digambarkan sebagai "New Media" yang digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak .
Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. New Media bukan seperti program televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, seperti grafis yang berisi tag-link web.
Di bawah ini, akan dijelaskan tentang New Media secara garis besar yang merupakan suatu dampak dari kecanggihan ilmu pengetahuan dan tekhnologi(IPTEK) yang semakin maju dan semakin canggih.


New Media Secara Garis Besar
New Media adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad ke-20 untuk mencakup penggabungan dari media tradisional seperti film, gambar, musik, diucapkan dan ditulis kata, dengan kekuatan interaktif teknologi komputer dan komunikasi, komputer konsumen diaktifkan perangkat dan yang paling penting Internet.
New Media memberikan kemungkinan akses on-demand untuk konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar isi media.
Apa yang membedakan New Media dari Tradisional Media bukan digitalisasi konten media ke bit, tetapi kehidupan yang dinamis dari isi "New Media" dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Kehidupan ini dinamis, bergerak, bernapas dan mengalir dengan berdenyut kegembiraan secara real time. Janji penting lain dari New Media adalah "demokratisasi" dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi isi media.
Dengan demikian, siaran televisi dengan digital film berdefinisi tinggi dilihat pada plasma TV digital masih merupakan contoh dari tradisional media, sementara "analog" kertas poster dari sebuah band rock lokal yang berisi alamat web dimana para fans dapat menemukan informasi dan digital download musik adalah contoh komunikasi New Media.
Wikipedia sendiri adalah salah satu contoh terbaik dari fenomena New Media, menggabungkan teks Internet digital dapat diakses, gambar dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor.
Sebagian besar teknologi digambarkan sebagai "New Media" yang digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak .
Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. New Media bukan seperti program televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, seperti grafis yang berisi tag-link web.
Seperti yang kita ketahui bahwa kita tidak dapat memungkiri kebutuhan kita sebagai manusia untuk mendapatklan informasi secara tepat, cepat,dan aktual. Dengan begitu kita memerlukan suatu koneksi yang cepat.
Salah satunya dengan new media ini, new media ini merupakan salah satu kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat. Contohnya adalah internet, telepon genggam dan media elektronik lainnya.
Telepon genggam atau handphone (HP) merupakan media yang juga umumnya seluruh lapisan masyarakat tahu. Cukup dengan sms atau telepon, masyarakat dapat dengan mudah untuk mencari informasi. Perlunya New Media tidak hanya untuk mencari informasi, namun juga untuk menambah pengetahuan kita mengenai ilmu yang berkembang.

Contoh New Media lainnya ialah dalam penggunaan internet, kita pasti sudah mengenal dan pernah memakai web browser. Bahkan orang – orang berkata, bahwa "tidak ada internet bila tidak ada web browser". Web browser adalah software aplikasi yang berfungsi untuk menjelajahi dan membaca isi sebuah halaman website, serta berkas – berkas tulisan yang terdapat di dalam web browser tersebut.
Cara kerja web browser adalah program tersebut akan membaca isi tulisan dan memberi format tulisan dan tampilan berdasarkan kode yang mengapit tulisan tersebut. Pada awal kemunculan web browser, bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam pembuatan website hanya HTML (Hyper Text Markup Language) saja.
Akan tetapi, kelemahan bahasa HTML adalah tampilannya yang sangat sederhana dan setiap kali pengguna melakukan sesuatu seperti input data atau meng-klik tautan, maka kita harus membuka ulang halaman website tersebut, hal ini sangat tidak efisien.
Lalu, seiring berjalannya waktu, format bahasa pemrograman yang dikenal web browser serta digunakan untuk membuat website yang lebih efisien dan lebih bagus dalam penggunaan dan tampilan terus bertambah, yang antara lain : JavaScript, PHP (Personal Home Page), AJAX (Asynchronous JavaScript and XML), ASP (Active Server Pages), dll.
Hingga saat ini, jumlah web browser sudah banyak dengan berbagai fitur dan keunggulan masing – masing. Beberapa diantaranya yang paling terkenal antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dll. Semua web browser tersebut diberikan kepada pengguna tanpa dipungut biaya untuk membeli lisensinya. Berikut adalah sekilas tentang 4 web browser yang paling dikenal masyarakat pengguna internet.

Internet Explorer

Internet Explorer adalah web browser bawaan Microsoft Windows saat Operating System ini diinstal di komputer anda dan menjadi web browser terbanyak digunakan di dunia.
Saat ini versi terbaru IE (nama lain Internet Explorer) adalah versi 8 yang sangat firendly-user dan dengan berbagai fitur baru seperti Compatibility View untuk memperbaiki dan memperbagus tampilan website yang ditujukan untuk web browser versi lama, kemudian accelerators, dimana dengan fitur ini, anda bisa mengetahui driving direction, word translation, dan membagi penemuan anda di web dengan teman – teman anda, serta anti-phising filter yang berfungsi untuk mencegah para pengguna internet membuka situ – situs yang berbahaya, dan lain - lain.
Akan tetapi kelemahan web browser ini adalah, banyaknya celah keamanan yang terbuka pada web browser ini sehingga membuat IE menjadi web browser yang paling rawan hacking.


Mozilla Firefox


Firefox menjadi web browser yang paling sering digunakan orang – orang sebagai web browser utama di komputer mereka karena keandalannya dalam hal keamanan, kecepatan, kemudahan, dan kelengkapan dukungan perangkat tambahan (add-on) dari berbagai pengembang aplikasi ini.
Versi terbaru web browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation ini adalah versi 3.6 yang berkinerja dua kali lebih cepat daripada versi 3.0 dan sepuluh kali lebih cepat daripada versi 2.0. Dengan versi 3.6 ini, segala aktivitas internet mulai dari browsing, e-mail, foto web, video streaming, hingga social networking menjadi lebih responsif dan lebih cepat.
Fitur terbaru pada versi ini antara lain seperti private browsing yang tidak akan menyimpan segala password, cookies, riwayat penjelajahan, hingga segala aktivitas internet kita, lalu semua data pribadi tersebut akan dihapus setelah program ditutup atau fitur private browsing dihentikan. Pipeline yang berfungsi untuk mempercepat akses ke sebuah website dengan meningkatkan jumlah koneksi yang digunakan.
Lalu, tear-off tabs yang berfungsi memisahkan tab yang ditarik menjauh dari kumpulan tab dan akan ditampilkan terpisah dari jendela tampilan, serta banyak fitur lain yang sangat berguna pada web browser ini.
Kelemahan pada Firefox adalah respon aplikasi yang lambat akibat pengaturan memori yang dipaksa untuk memperkecil pemakaian memori untuk menjalankan aplikasi ini, serta memungkinkannya pengizinan banyak toolbar yang dapat ditampilkan pada aplikasi sehingga tampilan untuk website menjadi terasa sempit.


Google Chrome


Google masih terus mendesak para pesaing – pesaingnya dengan merilis web browser bernama Chrome. Sesuai dengan klaim pengembangnya, Chrome ternyata terbukti unggul dalam hal kecepatan, kemudahan dan keamanan. Dengan mengadopsi beberapa fitur yang terkenal dari beberapa web browser yang sudah ada, Chrome melengkapi semua keinginan para pengguna internet untuk mendapatkan aplikasi browser impian mereka.
Fitur yang diunggulkan Chrome antara lain tampilannya yang sangat memukau mata, dukungan add-on yang banyak, pemisahan tab menjadi jendela baru dan penyatuan jendela ke dalam tab pada jendela yang lain, address bar yang dapat berfungsi sebagai search box, thumbnail yang menampilkan website yang paling banyak dikunjungi, serta pengaturan bookmark yang lebih mudah, rapi, dan terorganisir.
Bahkan dikabarkan, web browser ini dinobatkan sebagai web browser tercepat dan teraman berdasarkan serangkaian tes pada seluruh web browser populer yang ada. Kelemahan pada browser ini adalah konsumsi memori yang sangat boros jika kita membuka banyak website pada tab – tab yang kita buka, ketidak-stabilan aplikasi akibat pemborosan konsumsi memori, serta permasalahan akses website pada bebrapa website tertentu.

Opera

Opera sangat terkenal dengan banyaknya fitur default yang terpasang bahkan Opera memiliki versi mobile yang dapat dipasang pada perangkat genggam seperti handphone, smartphone, PDA, dsb.
Pada versi terbaru Opera yaitu versi 10.60 yang sudah stabil saat ini. Beberapa fitur yang kita temui antara lain Fast dial, Content blocker, torrent downloader dengan aplikasi BitTorrent, Improved rich text editing, dan lain – lain.
Begitu banyak fungsi tersebut membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam menjelajahi internet. Akan tetapi, Opera browser masih memiliki celah keamanan yang vital sehingga terkadang mudah ditembus oleh para cracker.


Contoh lain dari New Media adalah munculnya touchscreen atau layar sentuh. Beratnya gengsi untuk barang terupdate membuat nama touchscreen (layar sentuh) menjadi populer dan dikenal dikalangan kini.
Disini akan bahas bagaimana cara kerja dari layar sentuh tersebut yang bisa membuat sebuah barang menjadi bergengsi tinggi dengan adanya fitur tersebut. Mengenali bagaimana cara kerja layar sentuh dapat membantu untuk merawat dan membedakan jenis-jenis layar sentuh pada handphone jaman sekarang ini. Ada 4 jenis, yaitu resistive, capacitive, surface acoustic wave system dan multi touchscreen.

1. Resistive Screen
Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik.
Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang bertugas sebagai arus referensi.

Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik referensi tersebut.
Efek dari gangguan ini pada lapisan konduktif adalah akan terjadi perubahan arus-arus listriknya sebagai reaksi dari sebuah kejadian sentuhan. Perubahan nilai arus referensi ini kemudian dilaporkan ke controllernya untuk di proses lebih lanjut lagi.
Informasi sentuhan tadi diolah secara matematis oleh controller sehingga menghasilkan sebuah koordinat dan posisi yang akurat dari sentuhan tersebut. Kemudian informasi diintegrasikan dengan program lain sehingga menjadi aplikasi yang mudah digunakan.
Layar dengan teknologi ini memiliki tingkat kejernihan gambar sebesar 75% saja, sehingga monitor akan tampak kurang jernih. Touch sensor jenis ini sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang agak tajam.
Teknologi ini tidak akan terpengaruh oleh elemen-elemen lain di luar seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang mengenainya, baik itu menggunakan jari tangan langsung maupun menggunakan benda lain seperti stylus. Sangat cocok digunakan untuk keperluan di dalam dunia industri seperti di pabrik, laboratorium, dan banyak lagi.
Definisi sederhananya:
Layar yang cara kerjanya harus ditekan, dapat menggunakan jari atau benda apapun yg ditekankan di layar. Kelemahan untuk layar ini adalah jika diletakkan dikantong (terutama kantong celana), bisa tertekan-tekan dan mengakibatkan layar jadi gampang rusak karena sering tertekan.
Indoor: sangat baik
Outdoor: kurang optimal
Contoh HP yg menggunakan layar resistif adalah Samsung Star, Sony Erricson W950. Siri-cirinya adalah dengan disertakan stylus didalam paket HP-nya. Pilihlah wadah yang menggunakan model flip, jadi layar dapat terlindung dari tekanan. Sebaliknya tidak disarankan menggunakan wadah HP model pouch.

2. Capacitive Screen
Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.
Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi.

Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller.
Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini. Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Capasitive touchscreen baru dapat bekerja jika sentuhan-sentuhan yang ditujukan kepadanya berasal dari benda yang bersifat konduktif seperti misalnya jari. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90%, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan interaksi dalam publik umum seperti misalnya di restoran, kios elektronik, lokasi Point Of Sales, dsb.
Definisi sederhananya:
Harus dengan sentuhan jari, tidak dapat menggunakan benda lain (kuku, stylus, dsb). Karena layar ini bekerja dengan memanfaatkan muatan listrik yang ada ditubuh kita. Layar sentuh model kapasitif ini hampir tidak memiliki kelemahan yang berarti, karena layar ini adalah pengembangan terbaru untuk menggantikan layar resistif.
Indoor: sangat baik
Outdoor: sangat baik
Keunggulannya: layar jenis ini tidak terpengaruh terhadap tekanan, jadi walaupun HP diletakkan dikantong tidak menjadi masalah.
Penggunaan wadah model pouch bisa dikategorikan aman. Ciri-cirinya adalah tidak disertakan stylus didalam paket HP-nya. Contoh HP yg menggunakan layar kapasitif adalah Samsung Corby Touchscreen, iPhone.

3. Surface Acoustic Wave System
Teknologi touchscreen ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik. Selain itu, dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar monitor.
Kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, dua vertikal dan dua horizontal. Ketika panel touchscreen-nya tersentuh, ada bagian dari gelombang tersebut yang diserap oleh sentuhan tersebut, misalnya terhalang oleh tangan, stylus, tuts, dan banyak lagi. Sentuhan tadi telah membuat perubahan dalam bentuk gelombang yang dipancarkan.

Perubahan gelombang ultrasonik yang terjadi kemudian diterima oleh receiver dan diterjemahkan ke dalam bentuk pulsa-pulsa listrik. Selanjutnya informasi sentuhan tadi berubah menjadi sebentuk data yang akan di teruskan ke controller untuk diproses lebih lanjut.
Data yang dihasilkan dari sentuhan ini tentunya adalah data mengenai posisi tangan Anda yang menyentuh sinyal ultrasonik tersebut. Jika ini dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang ultrasonic pada media yang disentuhnya, maka jadilah sebuah perangkat touchscreen yang dapat Anda gunakan.
Teknologi ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik melainkan sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar touchscreen jenis ini mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan terang dibandingkan dengan Resistive touchscreen.
Tanpa adanya lapisan sensor juga membuat touchscreen jenis ini menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan banyak lagi.
Kelemahannya kinerja dari touchscreen ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka touchsreen dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan.
Touchscreen jenis ini cocok digunakan pada ruangan training komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam dan saat presentasi dalam ruangan.

4. Multi Touchscreen
Multi layar sentuh adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Dari arti kata “multi” yang berarti banyak, sudah terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari. Layar multi sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan.

Layar multi sentuh ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau games. Layar multi sentuh ini biasa digunakan pada handphone, komputer, MP3 player, dan sebagainya.


Fakta-Fakta Tentang New Media
1. New Media versus cyberculture - cyberculture adalah studi tentang berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan komunikasi dan jaringan Internet (blog, online multi-player gaming), sedangkan New Media lebih berkaitan dengan objek budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
2. New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Distribusi Platform - New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. Misalnya (setidaknya untuk sekarang) Internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll . Masalah karena hal ini ialah distribusi ini harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "New Media" tidak akan "New" lagi, sebagai bentuk budaya sebagian besar akan didistribusikan melalui komputer.
3. New Media sebagai Data Digital yang dikendalikan oleh Software - Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer memberlakukan pembagian sejumlah kualitas umum. New Media dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang media operasi dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling, mengasah, rasterizing, dll.
4. New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi dan Konvensi Perangkat Lunak . "New Media” hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi The "Old" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan "New" adalah data numerik. Komputer ini terus keluar dari kunci keputusan "kreatif", dan didelegasikan kepada posisi seorang teknisi. Misalnya Dalam film, perangkat lunak yang digunakan di beberapa daerah produksi, pada orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.
5. New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Setiap New Media Modern dan Komunikasi Teknologi. Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul dua atau tiga kali agar pendekatan ini menjadi benar-benar bermanfaat dan cukup untuk nama sederhana strategi dan kiasan dan merekam saat-saat penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang jauh lebih komprehensif yang akan berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial, politik, dan sejarah ekonomi atau masa modern.
6. New Media sebagai Pelaksanaan Eksekusi Algoritma Sebelumnya yang lebih cepat secara manual atau melalui Technologies lain. Komputer adalah besarnya kecepatan-up dari apa yang dilakukan sebelumnya dengan teknik manual, misalnya kalkulator. "Dramatis mempercepat eksekusi teknik membuat representasi yang mungkin sebelumnya tidak ada." Hal ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanya kalkulator lebih cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas perangkat kontrol cybernetic".
7. New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernisme, New Media sebagai Bank Jasa - Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 merupakan tahun yang lebih relevan ke New Media daripada jangka waktu lainnya. Media New avant-garde adalah cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi misalnya hypermedia, database, mesin pencari, dll. Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik memanipulasi recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda.
8. New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern - Post WWII Art atau "kombinatorik" melibatkan pembuatan gambar mengubah parameter tunggal dengan sistematis. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar yang sangat sama dengan struktur spasial. Hal ini menggambarkan bahwa algoritma merupakan bagian penting dari New Media, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dilaksanakan oleh manusia.


New Media Sebagai Alat Pengubah Sosial
Media Gerakan Sosial memiliki sejarah yang kaya dan bertingkat yang telah berubah dengan cepat sejak New Media jadi banyak digunakan. Tentara Pembebasan Nasional Chiapas Zapatista, Meksiko adalah gerakan besar pertama untuk membuat New Media dikenal luas dan penggunaan yang efektif New Media untuk komunikasi dan pengorganisasian pada tahun 1994.
Sejak itu, New Media telah digunakan secara luas oleh gerakan sosial untuk mendidik, mengatur, produk budaya saham gerakan, berkomunikasi, membangun koalisi, dan banyak lagi. Konferensi Menteri WTO tahun 1999 kegiatan protes tengara lain dalam penggunaan New Media sebagai alat untuk perubahan sosial.Protes WTO menggunakan media untuk mengatur tindakan asli, berkomunikasi dengan dan mendidik peserta, dan digunakan sumber media alternatif.
Gerakan Indymedia juga dikembangkan dari tindakan ini, dan telah menjadi alat yang hebat dalam demokratisasi informasi, yang merupakan aspek lain yang dibahas secara luas oleh gerakan New Media. Beberapa ahli bahkan memandang ini secara demokrastis sebagai indikasi penciptaan sebuah paradigma "radikal, sosio-teknis untuk menantang model yang dominan, neoliberal dan teknologi determinis teknologi informasi dan komunikasi ".
Sebuah pandangan yang kurang radikal sepanjang baris yang sama adalah orang yang mengambil keuntungan dari Internet untuk menghasilkan globalisasi akar rumput, satu yang anti-neoliberal dan berpusat pada orang daripada aliran modal. Tentu saja , beberapa di antaranya juga skeptis terhadap peran New Media di aktivis sosial. Banyak sarjana menunjukkan akses terhadap New Media sebagai hambatan untuk gerakan yang luas, kadang-kadang bahkan menindas beberapa di dalam gerakan.
Skeptis lain tentang bagaimana demokrasi itu benar-benar berguna adalah untuk gerakan sosial, bahkan bagi mereka yang memiliki akses. Ada juga banyak komponen New Media yang aktivisnya mengutip seperti alat untuk perubahan yang belum banyak dibahas seperti itu oleh akademisi.
New Media juga menemukan penggunaan dengan gerakan sosial yang kurang radikal seperti Free Hugs Campaign, menggunakan situs web, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas gerakan itu sendiri. Seiring dengan contoh ini penggunaan blog bervolume tinggi telah memungkinkan berbagai pandangan dan praktik menjadi lebih luas dan mendapatkan lebih banyak perhatian publik.
Contoh lain adalah gratis di Tibet berlangsung Kampanye, yang telah dilihat pada sejumlah situs serta memiliki sedikit tie-in dengan band Gorillaz di klip mereka Bitez Gorillaz menampilkan 2D vokalis duduk dengan pengunjuk rasa di Tibet protes Gratis. Perubahan sosial lain dilihat berasal dari New Media adalah tren di dunia fashion dan munculnya subkultur misalnya Teks Bicara, Cyberpunk, dan lain-lain.

*referensi
http://wikipedia.org/
http://beritaunik.net/

0 komentar:

Posting Komentar