Pages

10 Virus Berbahaya & 4 AntiVirus Lokal

PENDAHULUAN
Banyaknya virus-virus yang dengan banyaknya tersebar lewat media online banyak ditakuti oleh pengguna internet yang takut PC(Personal Computer) miliknya terkena virus tersebut. Akan tetapi ada penyakit pastilah ada obatnya, jika ada virus maka ada pula antivirusnya. Berikut dibahas 10 virus berbahaya dan juga 4 antivirus lokal buatan anak bangsa negeri ini di bawah ini.

10 VIRUS BERBAHAYA
Selain virus Stuxnet, ada jenis virus Stuxnet made in local yang akan mengakibatkan HDD menjadi penuh, tapi dengan metode yang berbeda. Untuk menghabiskan sisa HDD ia akan membuat file virus dalam jumlah mencapai ratusan di setiap folder yang sudah ditentukan dan masih untung virus ini hanya akan menyerang drive master [C:/] saja. Untuk mempermudah penyebarannya, ia akan memanfaatkan fitur “autorun” windows serta mentebar dengan memanfaatkan media UFD dan jaringan (full access).
Dari serangkaian temuan virus diatas, masih ada sejumlah virus lainnya yang tercatat PC media sepanjang tahun 2010, antara lain :

1. Virus Recycler(Varian)
Maraknya malware yang beredar di masyarakat denga kemampuan baru dalam memanfaatkan celah keamanan Windows, membuat user sempat melupakan malware yang selalu bersembunyi di balik folder Recycler ini. Awal kemunculannya di tahun 2008 seiring dengan datangnya worm Conficker, makin banyak malware dengan tipe worm dan virus baru yang menggunakan folder dengan nama Recycler sebagai tempat persembunyiannya.

2. Wolf.B.
Jarang sekali ditemukan malware denga tipe worm yang dibuat menggunakan aplikasi pemrograman FreeBasic. Tanpa di pack-worm ini berukuran 509 KB, sedangkan varian sebelumnya berukuran 510 KB.

3. M3Reincarnation.B.
Virus ini membuat desktop jadi deperti screensaver. Semua yang ada di desktop seperti seakan-akan di-capture dan dibuat berjalan sendiri. Berputar ke atas dan ke bawah, kadang bergeser ke kanan dan ke kiri.

4. Wayang-Pandawa.E.
Malware dengan tipr worm yang masih beredar di masyarakat ini dibuat menggunakan pemrograman Visual Basic. Di-pack menggunakan MEW Packer sehingga berukuran sekitar 87.9 KB yang sebenarnya berukuran sekitar 414 KB. Wayang-Pandawa menggunakan icon folder standar, akan tetapi dalam penyebarannya menggunakan nama-nama wayang yang menjadi ciri utamanya sehingga banyak user yang terkecoh dan justru menjalankan worm ini.

5. SetRun
Banyak worm lokal yang memanfaatkan social engineering yang membuat pengguna menjalankan file worm tersebut. Salah satunya dengan membuat icon worm menyerupai aplokasi/dokumen yang sudah dikenal luas. Contohnya seperti worm bernama SetRun ini, yang memiliki icon seperti dokumen Microsoft Word ataupun Excel.

6. Serviks.vbs
B. Malware dengan tipe worm ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic Script (VBS). Serviks.vbs.B berukuran 12 KB dan seluruh bagian tubhnya terenkripsi.

7. FLyFF Worm Amburadul
Ialah salah satu worm yang sempat membuat banyak user kewalahan dibuatnya. Meng-hidden semua file gambar dan digantikan dengan file bertipe (.exe) tapi dengan nama file yang sama dengan file aslinya. Pada varian lain ditemukan Amburadul juga menghapus beberapa file video.

8. Random8
Salah satu worm yang paling banyak beredar di masyarakat saat ini. Worm ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic tanpa di-pack dan memilih icon standar aplikasi Visual Basic. Walaupun varian-varian yang ditemukan sampai saat ini tidak menunjukkan payload yang destruktif, tetapi munculnya varian-varian baru dan penyebarannya yang cepat perlu diwaspadai.

9. MyLovely
Cinta bisa datang kapan saja, tetapi kita tidak akan mengharapkan pesan cinta dari worm yang satu ini. Saat computer kita terinfeksi oleh worm MyLovely, file tertentu yang kita klik akan menampilkan pesan.

10. Bandot.C
Sesuai informasi dari worm ini sendiri pada file yang diciptakannya, ia telah dibuat sejak tahun 2007, tetapi variannya masih ditemukan hingga saat ini. Dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic dan berukuran sekitar 88 KB, cirri yang mudah terlihat dari worm ini adalah menampilkan icon Found New Hardware pada system tray dan menampilkan pesan tertentu sesuai dengan tanggal system. Worm akan menyebar dengan membuat file pada hard drive maupun removable disk dengan nama antara lain : BandotBrobot.exe, Blaut.exe, Ble’e.exe, cmd.pif, csrsc.exe, Kupu-Kupu Malam.exe, dan lain-lain.


4 ANTIVIRUS LOKAL PALING DIKENAL
Setiap ada penyakit pastilah ada obatnya. Berikut merupakan empat daftar antivirus asal Indonesia yang paling dikenal di Indonesia :

1. Smadav (Keluaran 2010)

Smadav adalah Antivirus Lokal Indonesia yang memfokuskan proteksi dan pembersihan tuntas untuk virus-virus lokal yang menyebarluas di Indonesia. Smadav bisa didownload disini. Smadav 2010 Rev. 8 dirilis dengan berbagai fitur dan penyempurnaan baru yang dikhususkan untuk pemberantasan virus lokal. Fitur-fitur itu seperti Smad-Behavior yang bisa mengenali virus lokal baru yang belum ada di database Smadav dari tingkah lakunya ketika menginfeksi sistem.
Smad-Ray yang bisa melakukan scan flashdisk secara otomatis setelah terpasang hanya dalam waktu maksimum 5 detik. Smadav 2010 lebih stabil dan sangat disarankan untuk digabungkan dengan antivirus internasional karena Smadav hanya bisa menangani virus lokal. Pengebalan flashdisk (menggunakan folder autorun.inf) telah disempurnakan lagi dan sebelumnya akan ada konfirmasi sehingga Anda bisa memutuskan apakah suatu flashdisk ingin dikebalkan atau tidak.
Sebagai informasi, dari sampel-sampel virus yang di-upload pengguna ke situs Smadav.net, penyebaran virus lokal saat ini sudah mulai turun drastis di Indonesia.
Mungkin ini dikarenakan sudah banyaknya antivirus lokal yang bisa membasmi virus-virus lokal. Dan juga karena pengguna Windows XP yang sudah berkurang karena sebagian sudah meng-upgrade sistem operasinya menjadi Windows Vista atau Windows 7 yang sangat aman dari infeksi virus khususnya virus lokal.
Penyebaran virus di Indonesia lebih banyak didominasi oleh virus dan malware internasional yang tentunya tidak bisa diatasi Smadav. Anda wajib dan sangat disarankan menggunakan antivirus internasional untuk perlindungkan komputer Anda dari virus dan malware internasional ini.

Berikut hal-hal mengenai Smadav :
Teknologi SmaRTP, SmaRT-Protection
* Proteksi paling ringan di dunia, tercepat dan paling sedikit memakai resource komputer.
* tidak hanya bergantung pada banyaknya database/signature, tapi juga mempunyai kepintaran (algoritma cerdas) yang bisa memproteksi komputer dari virus baru sekalipun.
* deteksi otomatis flashdisk seketika setelah dicolok di komputer.
* deteksi otomatis ketika ada virus saat Anda sedang meng-explore folder
* dapat digabungkan sempurna dengan proteksi semua produk antivirus manapun.
* mendukung semua OS Windows XP & Vista

Scanner pintar
* teknologi scanner antivirus tercepat didunia hanya ada di Smadav, paling sedikit memakai resource komputer.
* banyak metode heuristik untuk pendeteksian virus baru dan belum ada di database
* database virus terlengkap di Indonesia karena mempunyai database yang digabungkan metode pintar pendeteksian virus
* ada fitur “1 virus by user” dan pendeteksian tingkat keamanan sistem komputer “risk value”
* mendukung semua OS Windows XP & Vista

Cleaner
* hanya menghapus file virus dan tidak pernah menghapus dokumen
* dokumen terinfeksi akan di-clean dan dikembalikan seperti semula
* otomatis mengkarantina dokumen yang belum bisa di-clean, dan tidak menghapusnya
* mendukung semua OS Windows XP & Vista

Pembersihan & perbaikan Registry
* lebih dari 1000 value registry akan di-scan dan dibersihkan oleh Smadav
* dapat berfungsi sebagai perbaikan registry, performa komputer akan jadi lebih bagus dan cepat
* mendukung semua OS Windows XP & Vista

Update
* Smadav terus mengikuti perkembangan virus yang menyebarluas di Indonesia
* Smadav akan terus direvisi secara berkelanjutan dalam periode berubah-ubah tergantung pada perkembangan virus
* revisi Smadav akan selalu dirilis setiap 1,2,3, atau 4 minggu sekali.
* Tanpa di-update pun Smadav sudah sangat pintar untuk mandiri mengenali virus
* Anda dapat memantau Update Smadav di www.smadav.net

Senjata Manual sangat mudah digunakan
* 1 Virus by User, selidiki file mana yang membuat komputer Anda aneh, kemudian basmi dengan smadav.
* Process Manager, memonitor dan dapat memanipulasi semua proses di memori
* System Editor, ubah setting-setting rahasia dan penting di windows

Gratis
* Anda tidak perlu membayar sedikit pun untuk menggunakan Smadav sepenuhnya
* hanya ada iklan/ads/banner di situs dan program Smadav untuk menutupi biaya pengembangan Smadav & hosting situs
* Anda dapat menjadi donatur untuk mendukung pengembangan teknologi antivirus di Indonesia

Team Smadav adalah team professional
* Founder/Programmer adalah seorang Mahasiswa di salah satu Universitas unggulan di Indonesia dan Freelancer (pekerja jarak jauh) berpengalaman di perusahaan Freelance & Programming terbaik di US, dengan rating 9.75/10 dan telah menyelesaikan lebih dari 50 proyek pemrograman.
* Team Smadav adalah team antivirus terhandal dan kumpulan sukarelawan Indonesia
* mempunyai 3 divisi supro (support programmer), viser (virus researcher), dan forweb (forum & web)
* dengan serius, hanya bertujuan mempraktekkan ilmu dan memajukan teknologi, sama sekali tidak bertujuan mencari keuntungan

Portable dan support semua OS Windows
* tidak perlu diinstall
* hanya satu file .exe dengan ukuran sangat kecil
* tidak selalu di harddisk, dapat ditaruh di flashdisk, CD/DVD, atau removable media lainnya.
* mendukung semua OS Windows XP & Vista untuk semua fitur yang ada di Smadav (Scanner, SmaRTP, Registry-Cleaner, dll.)

Situs antivirus terbaik dan terlengkap
* Situs yang ringan, cepat, dan indah di www.smadav.net
* Upload virus sangat mudah dan cepat di viri.4shared.com
* Ada Forum antivirus untuk diskusi dan minta bantuan
* Ada tempat chatting di Smad-Chat www.smadav.net
* Situs Nafarin.com sebagai informasi virus dan antivirus di Indonesia terkini


2. Ansav

Ansav adalah sebuah antivirus buatan putra bangsa yang cukup dapat diandalkan kualitasnya. Ansav mampu mendeteksi berbagai virus lokal yang mungkin tidak dapat terdeteksi oleh berbagai anti virus buatan luar negeri. Ansav bisa didownload disini. Berikut penjelasan kelebihan-kelebihan selengkapnya tentang Ansav.

Kelebihan pertama setelah pembaharuan Ansav adalah tampilannya. Ansav jadi lebih simple tapi menarik. Bagusnya lagi Ansav malah jadi ringan tapi masih tetap ampuh. Buktinya adalah scanning memory saat pertama Ansav dijalankan jadi lebih cepat daripada versi Ansav terdahulu. Menunya ada di samping kiri berupa tab-tab dengan tulisan yang besar-besar, jadi enak dipandang. Ansav juga dibuat kesan glossy merah dan ada unsur putih. Glossynya melambangkan bahwa Ansav siap memasuki era interface high tech (Vista juga dibuat glossy to biar terlihat high tech). sedangkan merah-putihnya melambangkan bahwa Ansav buatan Indonesia. Ansav sendiri menyediakan skin lain jikalau Anda tidak suka dengan skin normalnya. Skinnya dapat didownload juga di website Ansav. Tidak ada antivirus lain yang menyediakan opsi untuk mengganti skin. Ansav memiliki 9 skin resmi yang dapat didownload, yaitu: black edition, blue edition, blue glasses, choco cream, green stripes, grin mould, orange range, silpher, dan tree.

Kedua, Ansav saat ini bisa live update. Jadi tidak perlu download versi baru lagi seperti dulu. Lebih enaknya lagi, karena Ansav protable, jadi kalau ingin update hanya jalankan saja dari flashdisk/removable media Anda yang lain.

Ketiga, Ansav telah memiliki fasilitas quarantine, versi sebelumnya tidak ada. Prinsipnya sama dengan fungsi quarantine antivirus lain. Yaitu untuk memenjara file yang diduga virus/worm untuk menunggu sidang selanjutnya, jadi status file itu tersangka. Dan hakimnya adalah Anda. Apakah Anda memutuskan untuk menjatuhi hukuman mati, rehabilitasi, dibebaskan saja, atau malah tetap memenjarakannya dan menunggu update Ansav selanjutnya untuk meyakinkan apakah file tadi tersangka (virus) atau bukan.

Keempat, dalam readme file Ansav dicantumkan bahwa Ansav Guard lebih stabil. Ansav Guard adalah fasilitas Ansav untuk melindungi komputer Anda secara otomatis. Untuk menjalankannya Anda harus menginstall Ansav terlebih dahulu di komputer Anda (caranya jalankan Ansav | Options | Install). Dahulu, ketika Ansav Guard yang dimiliki Ansav yang lama, dia selalu menganggap file PCMAV-CLN adalah virus dan langsung menghapusnya. Untuk keterangan selanjutnya baca saja di readmenya Ansav.

Kelima, sekarang Ansav mendukung lebih banyak plugin. Sebenarnya plugin itu sendiri sudah merupakan kelebihan Ansav. Sangat jarang antivirus yang mendukung plugin. Sekarang resminya Ansav memiliki 4 plugin. Pertama styler untuk mengganti skin, kedua RegistryFX untuk mengubah setting sistem, ketiga Hidden Revealer untuk mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus, dan yang terakhir Fixerion untuk tambahan database virus Ansav.

Keenam, multi language. Ansav yang baru Anda download akan memiliki 3 bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jawa. Jadi Anda bisa mengganti bahasa sesuai dengan keinginan Anda. Anda pun dapat membuat bahasa sendiri dengan memodifikasi file lng milik Ansav.

3. Sven7
SVEN7 ANTIVIRUS adalah salah satu antivirus lokal unggulan yang dapat mengatasi virus-virus lokal dan mancanegara dengan cepat & akurat. Sven7 bisa didownload disini. Sven7 diprogram secara independen oleh seorang yang ahli dalam bidang pervirusan. Dengan menggunakan ENGINE khusus yang telah teruji tingkat akurasinya, kemungkinan terjadinya FALSE POSITIVE sangatlah kecil.

Keunggulan Sven7 Antivirus =
-Dapat menuntaskan malware(virus, worm, trojan, dll.) dengan cepat
-Diprogram khusus untuk mengatasi malware lokal & internasional yang menyebar luas di Indonesia
-Mendukung unicode
-Ukuran file sekitar dibawah 1Mb
-Portable, namun dapat juga di-install
-Hemat dalam pemakaian memory
-Dapat dipadukan dengan antivirus lainnya


4. Morphost

Morphost Antivirus merupakan karya Anak Bangsa Indonesia. Morphost bisa didownload disini. Morphost terupdate adalah Morphost versi 8. Dalam Versi 8 ini banyak revisi dan pembaharuan dari versi sebelumnya. Mulai dari Detektor, Scanning, Database dan Tools nya.
Untuk Tools tambahan pada versi ini sebenarnya tidak banyak penambahan tools di versi baru ini. Tapi ada satu tools yang cukup bagus di versi ini yaitu Anti-Keylogger. Tools ini bisa anda gunakan untuk mengecek apakah ada keylogger di komputer anda.
Ada enam detektor yang ditambah di versi kali ini. Dua detektor untuk induk virus, satu detektor untuk keylogger dan 3 detektor lain untuk shortcut virus. Morphost versi 8 ini dijagokan untuk memproteksi komputer dan laptop dari virus-virus shortcut yang belakangan ini beredar, dan banyak flashdisk yang terinfeksi karena malware ini. Dengan Morphost 8, virus yang menghinggapi flashdisk anda dapat terdeteksi yang disebut dengan virus “RandomShortcut”
Cara update database-nya pun mudah, MorphostLab telah memudahkan Anda semua untuk mengupdate database Morphost. Hanya satu kali klik di Update Antivirus yang telah terpasang di komputer anda, tunggu hingga 100%, database Morphost telah terupdate. Pastinya harus dibutuhkan koneksi internet untuk hal ini.
Morphost masih dilengkapi dengan RTP. RTP Morphost sampai saat ini berstatus “siap menjaga komputer anda”. Morphost telah stand-by mengeluarkan alarm jika ditemukan virus. Ada sedikit perubahan tampilan RTP-nya. Dan kini RTP pun sudah lebih baik dibanding RTP sebelumnya. Juga dilengkapi dengan efek Buzz! Jadi efek buzz ini seperti efek bergetar, begitu Morphost menemukan virus, RTP Morphost akan bergetar alias “nge-buzz”.


*referensi
http://kaskus.us/
http://google.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar