Pages

Keindahan

a) Pengertian Keindahan
Keindahan merupakan bagian dari kehidupan ini. Dengan keindahan maka hidup ini jadi lebih berarti. Contoh dari keindahan ialah sebuah pemandangan alam. Pemandangan alam merupakan sebuah keindahan alami. Tuhan Yang Maha Esa merupakan asal dari keindahan tersebut. Tiada keindahan di dunia ini yang bisa menandingi keindahan dari Tuhan Yang Maha Esa. Umumnya, karena keindahan dari sesuatu akan membuat mata yang melihat menjadi kagum dan memandangi sesuatu yang memiliki keindahan tersebut. Sesuatu yang indah haruslah dijaga dan dilestarikan keindahannya.
b) Pengertian Kesenian
Kesenian bisa berarti suatu kerajinan baik itu tari, lukis, musik dan sebagainya yang dipersembahkan untuk menghibur dan dipertontonkan pada orang banyak dan sebagai bentuk apresiasi jiwa. Dengan seni maka akan membuat hidup menjadi lebih berwarna. Seni juga bisa diapresiasikan dalam sebuah lagu. Pembuat lagu tersebut bisa menumpahkan segala apresiasi curahan hatinya ke dalam lagu tersebut sehingga membentuk sebuah seni. Tidak hanya lagu, tetapi masih banyak lagi contoh-contoh dari seni di kehidupan ini. Misalnya seperti lukisan, sebuah lukisan yang bagus bisa diapresiasikan dengan harga yang mahal dan bahkan tidak diperjualbelikan.
c) Pengertian Aliran Kesenian
Aliran kesenian memiliki macam-macam kesenian yang semuanya bertujuan untuk menghibur dan sebagai bentuk apresiasi jiwa yang berupa seni lukis, seni tari, seni musik dan sebagainya.
d) Pengertian Renungan, Keserasian dan Kehalusan
Renungan merupakan suatu hal yang dipikirkan oleh seseorang. Dalam pemikirang seseorang tersebut membuatnya menjadi diam sejenak sambil merenung memikirkan sesuatu yang perlu dipikirkannya tersebut.
Keserasian merupakan keseimbangan dan kecocokan diantara dua hal yang berbeda. Dengan keserasian menjadikan dan menggabungkan dua hal yang berbeda menjadi lebih indah dibandingkan sebelumnya.
Kehalusan merupakan suatu tutur kata dan perbuatan yang tidak kasar, baik budi bahasanya, sopan, dan beradab. Perbuatan yang halus mencerminkan sesuatu yang indah pula. Dengan kehalusan bisa menarik simpati banyak orang. Saat ini sudah jarang sekali kehalusan yang dimiliki oleh seseorang. Oleh karena itu, suatu kehalusan perlu ditanamkan pada diri seseorang sejak dini agar
dunia ini menjadi damai dengan kehalusan seseorang tersebut.

* Postingan ini dibuat untuk menyelesaikan tugas IBD bab Keindahan

0 komentar:

Posting Komentar