Pages

Manusia dan Penderitaan

a) Pengertian Penderitaan
Penderitaan merupakan suatu keadaan dimana seseorang menanggung sesuatu yang tidak menyenangkan. Dalam keadaan ini seseorang tersebut mengalami sesuatu yang membuatnya sakit baik dalam bentuk lahiriah ataupun dalam bentuk batiniah. Seseorang pastilah ingin keluar dari suatu penderitaan saat orang tersebut mengalami penderitaan yang bahkan tidak pernah ia inginkan. Akan tetapi dengan penderitaan akan membuat orang yang menderita tersebut menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Suatu penderitaan merupakan ujian dari Tuhan kepada makhlukNya. Semakin banyak penderitaan dan semakin kuat orang tersebut menghadapi penderitaan yang dijalaninya maka akan membuat orang tersebut menjadi mulia di mata Tuhan Yang Maha Esa.
b) Pengertian Siksaan
Siksaan merupakan suatu penderitaan yang diterima oleh seseorang. Penderitaan itu sendiri berbentuk penganiayaan. Seseorang mengalami penganiyaan yang membuatnya mendapat siksaan dan merasa tersiksa. Kenyamanan tentu saja tidak dapat oleh seseorang yang mengalami siksaan tersebut. Dengan siksaan yang didapat oleh seseorang, pastilah akan membuat orang itu mendapat luka baik luka fisik maupun luka hati atau yang lebih terkenal dengan nama ‘sakit hati’. Bahkan tidak hanya luka yang didapat oleh orang yang disiksa, akan tetapi juga tidak sedikit dendam yang timbul dari orang yang disiksa tersebut terhadap orang yang menyiksanya. Oleh karena itu mestinya tak ada lagi orang yang semena-mena menyiksa orang lain agar tak timbul lagi suatu dendam.
c) Pengertian Kekalutan Mental
Kekalutan Mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya. Saat mendapat kekalutan mental berarti seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang mesti dilakukan oleh orang tersebut. Dengan mental yang jatuh tersebut tak jarang membuat orang yang mengalami kejatuhan mental menjadi tak waras lagi atau gila. Karena itu orang yang mengalami kejatuhan atau kekalutan mental seharusnya mendapat dukungan moril dari orang-orang dekat di sekitarnya seperti orangtua, keluarga atau bahkan teman-teman dekat atau teman-teman pergaulannya. Hal tersebut dibutuhkan agar orang tersebut mendapat semangat lagi dalam hidup.

* Postingan ini dibuat untuk menyelesaikan tugas IBD bab Manusia dan Penderitaan

0 komentar:

Posting Komentar